Langsung ke konten utama

Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi, Setiap Anak Lahir dengan Unik

(Kelompok 2 : A'an Novita Rizky; Didik Hendroko; Dyah Wahyuning Astrini; Kusuma Indahsari; Sigit Wibowo; Tamaella) 

Mata Kuliah Pembelajaran Berdiferensiasi

Trend pembelajaran diferensiasi saat ini tengah menjadi perbincangan yang cukup menarik di dalam bidang pendidikan. Manusia dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Begitu juga cara menyerap informasi yang berdampak pada cara belajar anak. Ada yang senang hal-hal yang bersifat audio, visual, ataupun melakukan secara langsung. Pembelajaran diferensiasi meyakini bahwa peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Pembelajaran diferensiasi memiliki beberapa ciri. Seperti yang diungkapkan oleh Tomlinson (2000), pembelajaran diferensiasi memiliki empat ciri utama; (1) pembelajaran berfokus pada konsep dan prinsip pokok; (2) evaluasi kesiapan dan perkembangan belajar peserta didik diakomodasi dalam kurikulum; (3) perlu adanya pemetaan kebutuhan peserta didik yang kemudian akan dimasukkan dalam strategi pembelajaran; pengelompokan peserta didik dilakukan secara fleksibel; (4) siswa secara aktif bereksplorasi di bawah bimbingan dan arahan guru. Sehingga dalam pembelajaran berdiferensiasi ini lebih banyak berpusat pada siswa. Guru akan lebih banyak berperan sebagai pembimbing dan fasilitator.

Pembelajaran berdiferensiasi memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan tersebut antara lain; (1) memenuhi kebutuhan peserta didik; (2) memaksimalkan kualitas pembelajaran peserta didik; (3) meningkatkan motivasi peserta didik; (4) peserta didik menjadi lebih terlibat dan fokus di kelas; (5) Peserta didik dapat mengasah self-management skill-nya. Sedangkan, kelemahan pada pembelajaran berdiferensiasi antara lain; (1) pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal jika guru tidak jeli dalam pelayanan kepada siswa; (2) membutuhkan waktu yang relatif lama dalam proses persiapan; (3)

 

Sumber :

Tomlinson, CA. 2000. Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. Washington: ED

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Power Point Interaktif Materi Unsur-Unsur Lingkaran Kelas VI SD

Assalamualaikum Wr.Wb  Selamat datang diblog saya Didik Hendroko, hari ini saya akan men-share salah satu hasil jerih oayah saya yaitu PPT interaktif yang membahas tentang materi Unsur-Unsur Lingkaran Kelas VI  SD.  Power Point ini saya buat untuk memudahkan Para Guru dan Siswa agar lebih mudah untuk mendalami materi Unsur-Unsur Lingkaran. PPT ini memiliki keistimewaan lain yang pastisangat berbeda dengan PPT lainnya, ppt ini memiliki tema futuristic abstract dimana backgroundnya bisa bergerak dan memiliki tema seperti video game yang pastinya akan sangat disukai oleh anak-anak. Ragkuman materi yang ada di PPT Interaktif ini adalah tentang unsur-unsur lingkaran yang terdapat tujuh materi yaitu tentang titik pusat, diameter, jari-jari, tali busur, Juring,  tembereng, dan busur lingkaran.  Berikut tampilan isi pptnya:     Nah itu tadi PPT Interaktif dari mimin, gimana keren kan? pastinya kalian tertarik untuk menggu...

UNSUR-UNSUR TEKS CERPEN

Pengertian Cerpen Cerpen adalah salah satu jenis prosa yang isi ceritanya bukan kejadian nyata dan hanya dibuat-buat. Jumlah kata di dalam cerita pendek tidak lebih dari 20.000 kata. Cerpen berisi kisah tokoh dalam menghadapi satu masalah atau persoalan. Oleh karena itu, cerpen merupakan salah satu bentuk teks narasi (kisahan). Unsur Intrinsik Cerpen Unsur-unsur pembangun cerpen terdri atas unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur pembangun ynag berada dii dalam cerpen. Unsur ekstrinsik cerpen merupakan Komponen Yang Berada Di Luar Tetapi Berpengaruh Terhadap Cerita Pendek. 1.      Tema Tema ialah gagasan pokok yang ingin digambarkan penulis, baik secara tersurat maupun tersirat. Tema dalam sebuah cerpen dapat ditentukan dalam beragam cara, yakni sebagai berikut. ●        Pertama, tema dalam sebuah cerpen menghubungkan isi cerita secara keseluruhan dengan judulnya. ●      ...